APA ITU MARCHING BAND ?

Orkes barisan (inggris : MARCHING BAND) adalah sekelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik (tiup, perkusi dan sejumlah instrumen pit) secara bersama-sama. Penampilan orkes barisan merupakan kombinasi dari permainan alat musik serta aksi baris-berbaris dari pemainnya. Umumnya, penampilan orkes barisan dipinpin satu atau dua komandan lapangan dan dilakukan baik dilapangan terbuka maupun lapangan tertutup dalam barisan yang membentuk formasi dengan pola yang senantiasa berubah-ubah sesuai dengan alur koreografi terhadap lagu yang dimainkan, dan diiringi pula dengan aksi tarian yang yang dilakukan oleh sejumlah pemain bendera.

Orkes barisan umumnya dikategorikan menurut fungsi, jumlah anggota, komposisi dan jenis peralatan yang digunakan serta gaya atau corak penampilannya. Pada awalnya orkes barisan dikenal sebagai nama lain dari DRUMBAND. Penampilan orkes barisan pada mulanya adalah sebagai pengiring parade perayaan atau festival yang dilakukan di lapangan terbuka dalam bentuk barisan yang tetap dan kaku, serta memainkan lagu-lagu mars. Dinamika keseimbangan penampilan diperoleh melalui atraksi individual yang dilakukan oleh mayoret, atau beberapa pemain instrumen. Namun saat ini permainan musik orkes barisan dapat dilakukan baik di lapangan terbuka atau lapangan tertutup sebagai pengisi acara dalam suatu perayaan, atau kejuaraan.

Komposisi musik yang dimainkan orkes barisan umumnya bersifat lebih harmonis dan tidak semata-mata memainkan lagu dalam bentuk mars,  ragam peralatan yang digunakan lebih kompleks, formasi barisan yang lebih dinamis, dan corak penampilannya membuat orkes barisan merupakan kategori yang terpisah dan berbeda dengan DRUMBAND yang umumnya memiliki komposisi penggunaan instrumen perkusi yang lebih banyak dari instrumen musik tiup. Tipikal bentuk dan penampilan drumband yang paling dikenal adalah drumband yang dimiliki institusi kemiliteran ataupun kepolisian. adaptasi lebih lanjut dari penampilan orkes barisan di atas panggung adalah dalam bentuk BRASS BAND.



sumber : id.wikipedia.org/wiki/orkes_barisan

Entri yang Diunggulkan

PERALATAN DRUMBAND DI YOGYAKARTA

Pengrajin dan distributor alat drumband ; marching band seragam dan bendera DRUMBAND-ONLINE Yogyakarta Produk yang kami jual ;...

Drumband

Drumband

Jual Drumband

Review